Pengikut

Selasa, 11 Oktober 2011

"Hanya beberapa tahun yang lalu, baik masyarakat maupun arsitek memperhitungkan penggunaan kembali air. Hari ini telah menjadi pertanyaan mendasar "



null
Arsitek Barcelona, ​​teman dari We Are Air, menganalisis aspek-aspek fundamental dari hubungan antara arsitek dan air, di perumahan dan perkotaan dan pedesaan. Dia juga menyoroti pentingnya pendidikan dalam proses membuat masyarakat lebih sadar.
Kurangnya dan perubahan dalam sumber daya alam dan sumber daya khusus hydric, dalam semua aspek mereka, secara intrinsik mempengaruhi masa sekarang dan masa depan arsitektur dan hubungannya dengan dunia sekitarnya. Bergaul arsitektur dengan keberlanjutan adalah sesuatu yang kini melekat dan wajib di semua proyek-proyek perkotaan dan perencanaan, baik di kota maupun di perkotaan.
Lembaga We Are Air telah mewawancarai Carlos Ferrater, seorang arsitek Spanyol diakui secara internasional dan prekursor dalam banyak arsitektur berkelanjutan, yang sangat sensitif dalam semua proyek untuk setiap masalah dan setiap yang ditimbulkan oleh manajemen air yang tepat. Ferrater menyatakan bahwa, bagaimanapun, subjek air minum, sebelum pertanyaan arsitektur atau teknologi, sebenarnya budaya.
Dalam deklarasi itu, Carlos Ferrater, teman dari We Are Air, menyediakan kunci untuk hubungan antara sumber daya dan solusi arsitektur. Ia juga mendefinisikan kualitatif tanggung jawab dan peran arsitek saat ini, yang harus menghadapi bahwa sampai dengan adaptasi dan penggunaan yang benar dari air minum di habitat mengalami perubahan zaman. Baginya, inisiatif dan proyek solidaritas We Are Air memungkinkan untuk merencanakan dan melakukan tindakan baik yang berkelanjutan.
Carlos Ferrater adalah Dokter Arsitektur dan Ketua Universitas proyek arsitektur di UPC (Universitat Politécnica de Catalunya) dan Direktur Blanca Cátedra Barcelona; diangkat dosen dari Academia Real de Belles Arts de Sant Jordi dan diinvestasikan Doctor Honoris Causa oleh University of Trieste.
Dia telah dianugerahi hadiah paling bergengsi, di antaranya menampilkan hadiah FAD empat, Kota Barcelona Hadiah pada tahun 1999 dan 2008, Brunel internasional arsitektur hadiah di Denmark pada 2005 dan hadiah BigMat pada tahun 2009.
Di antara banyak karya-Nya, yang paling lambang dan inovatif yang menonjol adalah Desa Olimpiade Val d'Hebron kabupaten, Hotel Rey Juan Carlos I, Institut Ilmiah dan Kebun Raya Barcelona, ​​Stasiun Intermoda Zaragoza, yang Aquileia menara di Venesia, Passage Seafront dari Pantai Poniente di Benidorm dan pembangunan Roca Barcelona Galeri di Barcelona.

Apa arsitektur berkelanjutan untuk Anda?
Jika kita harus berpikir tentang apa yang akan arsitektur berkelanjutan, bentuk aku akan arsitektur vernakular, arsitektur tradisional, arsitektur populer, arsitektur yang selalu diperhitungkan iklim, orientasi, inersia termal, melintasi ventilasi ... begitu banyak unsur yang mendefinisikan sebuah arsitektur yang benar-benar berkelanjutan, di atas semua arsitektur berkelanjutan dengan sumber daya pasif ".
Roca Gallery
Apa peran pengelolaan air bermain dalam konsep arsitektur berkelanjutan?
Masalah energi dan pertanyaan air dalam keberlanjutan dan pembangunan habitat adalah pertanyaan besar-besaran penting. Kami akan mulai dengan mempertimbangkan bagaimana untuk mengeringkan bangunan baik - Parthenon akan menjadi contoh maksimum bagaimana untuk mengambil tetes terakhir air ke dasar bangunan - dan kemudian mungkin kita dapat mengumpulkan dan dari sana memulai penghematan energi baik dan air. Maka ada aspek lain yang terhubung dengan air, seperti membuat jaringan terpisah, yang merupakan elemen yang lebih modern, dll Dari sudut pandang saya, kontrol air sangat penting melalui elemen sanitasi, dll Ini adalah penting parameter dalam konstruksi dan dalam proyek untuk membangun, dari habitat.
Para Framptom arsitek Kenneth mengatakan bahwa arsitektur modern adalah "untuk mengucapkan pada apa yang terjadi". Apakah Anda setuju dengan pernyataan ini?
Saya selalu setuju dengan seorang teman baik seperti Kenneth Framptom: Namun, saya percaya bahwa definisi akan menjadi sedikit reduktif. Jelas arsitek melakukan babad tentang apa yang terjadi dan realitas. Selain itu saya percaya bahwa arsitek harus membuat upaya intelektual untuk memahami tempat-tempat di mana mereka bekerja. Saya pikir keberlanjutan proyek pertama yang harus memiliki adalah keberlanjutan intelektual. Kemudian, kita akan menempatkan sumber daya aktif dan pasif, tetapi jika tidak ada aktivitas intelektual dari awal proyek, arsitektur berkelanjutan yang baik akan sangat sulit dicapai, namun banyak aksesoris dan implan yang kita tempatkan.
null

Dalam arsitektur modern, bagaimana memiliki air mempengaruhi desain dan perhitungan rumah? Pernahkah Anda memperhatikan perubahan?
Ya. Kami, misalnya, dengan bekerja sama dengan LSM seperti El Esplay di pusat mereka di San Cosme, Barcelona, ​​di mana kita memiliki bantuan sosial-ekologi Ramón Folch, bekerja di pertanyaan seperti bagaimana untuk memisahkan air, kembali di bentuk yang paling optimal, pemurnian limbah, penggunaan air untuk irigasi, pemulihan air hujan, dll Kita harus menyadari bahwa sampai beberapa tahun lalu tampak bahwa ada surplus air dan itu tidak dianggap dan sekarang yang memiliki redounded ke kesadaran yang lebih besar oleh masyarakat dan, tentu saja, arsitek.
Secara historis, akan Anda menunjuk pada satu arsitek terkenal pada abad ke-20 yang telah memiliki pengaruh khusus pada pengelolaan air? Atau itu adalah sebuah subjek yang lebih modern?
Saya akan mengatakan bahwa arsitek yang baik selalu diperhitungkan atas segalanya instalasi yang baik, hubungan yang baik antara biaya instalasi dan segala sesuatu yang terlibat dalam mengambil air untuk titik akhir dalam membangun. Saya berpikir bahwa arsitek yang baik selalu melakukan ini, Alvar Aalto misalnya. Ada arsitek di Jepang yang telah sangat menyadari pertanyaan tentang air sebagai elemen desain dalam proyek; bahkan Roma dengan impluvium mereka sangat up pada pertanyaan, mungkin bahkan lebih kemudian, karena air pada waktu yang sulit untuk menangkap dan sulit untuk memanfaatkan.
Rumah adalah sel dalam urbanisme. Menurut data terbaru dari PBB pada Hari Air Dunia, penekanan telah dibuat pada fakta bahwa pusat-pusat perkotaan adalah mereka yang berkonsentrasi bagian terbesar dari pencemaran air. Bagaimana menangani perencanaan yang modern perkotaan dengan masalah ini?
Kita tidak harus berpikir bahwa hanya ada satu cara. Masalah waduk, masalah bendungan, bagaimana untuk memasok kota-kota, sangat kompleks ... seperti pertanyaan dari deposito yang mungkin menjadi bahaya sebelum serangan teroris. Semua ini berarti bahwa subjek air memerlukan keamanan maksimum, karena langsung mempengaruhi kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, karena ini adalah subjek yang sangat halus itu harus sangat hati-hati ditangani. Hari ini, dihadapkan dengan masalah kelangkaan, ada pilihan memurnikan air laut, dengan pengalihan sungai, dll Namun, kami menyadari bahwa di sini kita memasuki subyek politik dan, masalahnya menjadi lebih kompleks.
Ketika kita berbicara tentang inovasi dalam bidang keberlanjutan dalam arsitektur, kita berbicara tentang arsitektur baru. Namun, kain, kota besar tua yang sudah ada. Apakah ada rencana sejalan tentang pemulihan?
Ya. Hal ini jelas bahwa pada zaman kita hidup, berpikir bahwa kota akan terus tumbuh mantan nodo adalah, saya percaya, tidak ada dalam pikiran seseorang. Kita harus memulihkan pusat tua dan bahkan pinggiran perkotaan yang memiliki sangat memburuk hanya dalam beberapa tahun. Kita harus membangun kembali infrastruktur, jaringan sanitasi, jaringan air minum, waduk, deposito ... Ini adalah bagian yang sangat penting dari perencanaan perkotaan kontemporer.
Hari Air Sedunia tahun lalu berbicara tepat dari pertanyaan ini: kontaminasi air minum yang terjadi di pusat-pusat perkotaan. Apakah akan ada proposal yang dibuat untuk PBB?
Pada kenyataannya ini bukan bidang saya, saya bukan ahli dalam hal ini. Pada kesempatan, saya lebih peduli dengan kontaminasi air dalam pengaturan pedesaan daripada perkotaan, karena di perkotaan mungkin ada kontrol akhir yang lebih baik, karena diversifikasi orang, jumlah rumah dan penduduk per hektar membutuhkan ada untuk menjadi Total rangka mengenai pemrograman dari semua infrastruktur sangat penting.
Sebaliknya, di pedesaan, kontaminasi sumur oleh herbisida, misalnya, adalah dunia yang jauh lebih kompleks. Hal ini sangat mudah untuk mencemari lapisan freatik hanya dengan pembuangan yang buruk atau stasiun pemurnian yang tidak bekerja tidak benar ... air minum dari seluruh wilayah dapat terkontaminasi. Oleh karena itu saya lebih banyak berkonsentrasi pada dunia ketiga, di mana ada daerah pedesaan yang besar. Di sinilah kita harus lebih waspada untuk pertanyaan epidemi, antara lain.

Lembaga We Are Air telah memulai serangkaian proyek bantuan di daerah tertinggal dengan pertanyaan air. Apa peran arsitektur menurut Anda harus memiliki dalam jenis proyek solidaritas?
Arsitektur memiliki banyak untuk mengatakan di bidang keberlanjutan, tetapi pada banyak tingkat: perencanaan, urbanisme, tata letak kota-kota yang kita miliki, tetapi juga harus masuk ke dalam rincian konstruksi dan desain dari habitat.
Arsitektur harus sadar bahwa ia harus bekerja dengan parameter ini sudah termasuk, seperti sebelumnya, misalnya, itu tidak terpikirkan untuk merenungkan topografi dalam suatu proyek. Air adalah elemen penting untuk dipertimbangkan. Bagi saya, yayasan seperti Kami bekerja Air dan memberi makna pada arsitektur di bidang ini.
null
Hari-hari ini, dengan drama kekeringan dan pengungsi dari Somalia, kita menyadari bahwa konstruksi sangat bahwa sebelum yang berkelanjutan di daerah tersebut tidak lagi begitu. Apa yang harus dikatakan mengenai hal ini arsitektur? Apakah punya sesuatu untuk dikatakan atau itu masalah sosial-politik?
Subjek air, menurut pendapat saya, adalah pertanyaan budaya sebelum merupakan salah satu arsitektur. Orang harus mengerti bahwa itu merupakan aset langka dan yang buruk-yang digunakan juga sangat berbahaya, saya bahkan akan mengatakan bahwa itu adalah yang paling berbahaya. Ini bisa mencemari populasi, wilayah, hanya dengan kesalahan sederhana, yang berarti pertanyaan budaya, pendidikan, adalah fundamental.
Pada akhir hari kami bekerja pada pusat-pusat liburan bagi anak-anak dan mereka adalah proyek yang paling saya sukai. Anak sebagai reseptor adalah yang terbaik untuk arsitek, untuk arsitektur. Pertama, untuk kapasitas mereka solusi spasial dan, lebih lanjut, karena mereka berada dalam tahap belajar di mana sangat mudah untuk belajar hal-hal dan menggunakannya; anak lebih memilih untuk mendaur ulang produk beberapa kali, mereka tahu bagaimana menggunakannya dan belajar bagaimana menggunakannya. Di pusat-pusat liburan terakhir kami diselenggarakan di Viladoms de Baix, Barcelona, ​​salah satu yang paling menarik thingsthey lakukan adalah untuk mengatur kompetisi antara berbagai kelompok anak-anak dan monitor mereka untuk melihat yang menggunakan air kurang, namun dengan semua orang mandi. Ini adalah fantastis: ada meter dan mereka bersaing satu sama lain. Bagi saya ini adalah pendidikan yang nyata; kemudian datang menempatkan semua teknologi pada pelayanan ide ini.
Tentang Kami Are Air
Lembaga We Are Yayasan Air, dipromosikan oleh perusahaan Roca, bertujuan, di satu sisi, untuk meningkatkan kesadaran di antara administrasi publik dan masyarakat umum tentang perlunya untuk mendorong budaya baru dari air di dunia dan, di sisi lain, untuk mengurangi efek negatif terhubung dengan kurangnya sumber daya hydric, dengan cara pengembangan kerjasama dan proyek bantuan bersama dengan berbagai organisasi seperti Pendidikan tanpa Frontiers, Vicente Ferrer Yayasan, Intermon Oxfam dan Unicef.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar