Pengikut

Jumat, 01 April 2011

2025, Air Bersih di Seluruh Indonesia Terpenuhi

Selasa, 22 Maret 2011 -

Djoko Kirmanto (dok Okezone)
Djoko Kirmanto
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, mengatakan kalau pemerintah berencana kalau tahun 2025 kebutuhan air bersih akan sampai merata di seluruh Indonesia.

Djoko Kirmanto di sela-sela acara perayaan Hari Air Sedunia 'Water for Cities: Responding to the Urban Challenge' di Jakarta, sempat menyatakan beberapa sasaran dari Departemen Pekerjaan Umum dan pemerintah untuk isu air bersih dan pengelolaan tata ruang kota.

"Tahun 2025 pemerintah menargetkan kebutuhan air bersih akan merata di seluruh Indonesia," ungkap Djoko Kirmanto di Jakarta, Selasa (22/3/2011).

Djoko Kirmanto menyatakan kalau saat ini hanya 50 persen masyarakat di Indonesia yang terpenuhi kebutuhan akan air bersih.

"Pemerintah juga menargetkan kalau tahun 2015 angka tersebut akan meningkat hingga mencapai 68 persen," ungkap Djoko Kirmanto.

Pengelolaan air perkotaan yang kurang baik di Indonesia banyak dikatakan penyebabnya adalah penggunaan tata ruang kota yang masih semerawut.

"Kami dari Departemen Pekerjaan Umum tahun ini berencana akan memperbaiki semua tata ruang kota untuk tingkat provinsi. Lalu tahun 2012, kami berencana akan memperbaiki semua tata ruang kota untuk tingkat kabupaten," jelas Djoko.

Ketika ditanya tanggapannya mengenai Hari Air Sedunia hari ini, khususnya penerapannya untuk Indonesia, Djoko menjawab kalau kita terlebih dahulu harus merubah perilaku masyarakat terhadap alam di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar