Pengikut

Senin, 25 April 2011

Pemeriksaan Air PDAM Terkendala



Dinkes Belum Kantongi Izin

PDAM
JAMBI - Upaya untuk menjamin keamanan dalam mengkonsumsi air PDAM, pihak Dinkes Kota Jambi akan melaksanakan pemeriksaan rutin. Hanya saja, sayangnya, sampai saat ini, mereka belum mengantongi izin pemeriksaan tersebut. Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Irawati Sukandar kepada Koran ini.
“Kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memeriksanya. Mudah-mudahan kita mendapatkan izin untuk memeriksa kadar karat dan lain sebagainya yang ada pada air PDAM.  Apakah layak atau tidak untuk digunakan,” katanya.
Setelah pemeriksaan dilakukan, katanya lagi, jika ditemukan tidak layak, maka pihaknya akan langsung mengirimkan hasil penelitian tersebut terhadap Walikota Jambi untuk selanjutnya diberitahukan kepada PDAM. “Jika memang tidak layak, tentunya PDAM harus memperbaiki kinerjanya dalam melayani masyarakat. Semuanya harus disterilkan,” tegasnya.
Namun, hingga saat ini, pemeriksaan itu belum dilaksanakan. Sementara itu, mengenai air yang berada di pemukiman warga, menurutnya sudah sering diteliti oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Jambi. “Ini memang kita lakukan berdasarkan permintaan dari warga karena itu bukan merupakan tugas kita,” ujarnya.
Sementara untuk air di beberapa Perumahan, menurutnya bukan merupakan tanggung jawab pihaknya. “Kita untuk tempat-tempat umum,” jelasnya.
                Untuk air di perumahan, apakah memang layak untuk digunakan atau tidak, lanjut Ira, dilakukan berdasarkan permintaan dari warga perumahan yang bersangkutan. “Biasanya warga yang minta baru kita cek kesana,” katanya.
                Untuk tempat umum, menurut Ira, sudah banyak yang diperiksa oleh pihaknya. Namun, sejauh ini, belum ada air di tempat umum yang dinyatakan tidak layak untuk digunkana. “Selama ini sudah banyak yang kita periksa, baik air yang disalurkan oleh PDAM ataupun sumur yang diperiksa kadarnya. Tapi belum ada ditemukan bahan yang berbahaya mengandung di airnya. Semuanya aman,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar