Pengikut

Minggu, 24 April 2011

Sungai Deli Menghitam, Warga Desak Tangkap Pabrik Pembuang Limbah

Sabtu 10 Jul 2010
LABUHANDELI | DNA - Maraknya pembuangan limbah pabrik ke aliaran sungai Deli hingga warna airnya tak lagi jernih seperti dulu kala, kini malah menghitam serta mengeluarkan aroma bau busuk. Kini kondisi air nya tak lagi bisa digunakan warga untuk mandi dan mencuci kecuali karena terpaksa.

Begitu disampaikan aktivis Kordinator ASWD Sumut Roy Andre Mulia lepada DNAberita Sabtu (10/07/2010) saat meninjau langsung kondisi aliran sungai deli yang tercemar limbah pabrik dan tumpukan sampah.

Menurutnya, Dinas Lingkungan Hidup dan Bapedaldasu harus bertangungjawab untuk berani mengambil tindakan tegas terhadap pelaku pencemaran air sungai deli yang hingga kini belum dilakukan, jangan hanya sekedar memberikan himbauan diatas plank saja tanpa eksen bagi pelaku pencemaran sungai Deli.

Padahal setiap harinya limbah pabrik disepanjang sungai deli berton-ton jumlahnya dibuang pada waktu tenggah malam tanpa ada pengawasan serius dari instansi terkait dan terbukti hingga kini sungai deli masih dijadikan sejumlah pabrik di Medan ini seperti tong sampah.

"Ironis memang, aksi pencemaran lingkungan hidup ini bila dibiarkan sungai deli bernasib sama dengan nasib sungai parit busuk dimana airnya tak lagi bisa digunakan untuk kebutuhan masyarakat, mari selamatkan sungai deli yang bersejarah itu demi masa depan," ajaknya. (DNA | R-04).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar