Pengikut

Sabtu, 09 April 2011

Air 3 Meter, Ribuan Rumah Terendam



DAS Sungai Deli, Sumut

MEDAN - Tim Sar dan anggota TNI Kodam-I/Bukit Barisan, Kamis pagi (6/1/2011) melakukan evakuasi ratusan kepala keluarga penduduk Desa Tanjung Anom, Kabupaten Deli Serdang yang berbatasan dengan Kota Medan. Ratusan warga tersebut terperangkap banjir besar setinggi sekitar tiga meter.
Ratusan anggota Tim SAR atau regu penyelamat dan pertolongan yang dibantu TNI dengan menggunakan perahu-perahu karet mengevakuasi warga yang terjebak berjam-jam di dalam rumah akibat terendam air. Sejumlah warga yang kondisinya lemah dilarikan ke RSU Pusat Adam Malik.
Air sungai yang berhilir ke kawasan Sunggal dan Kelambir Lima itu, meluap cukup tinggi mencapai sekitar empat meter dan menggenangi ribuan rumah penduduk di Jalan Gaperta Ujung, Kampung lalang, Kelabir Lima hingga Hamparan Perak, sehingga melumpuhkan arus lalu lintas menuju Kota Medan.
"Ketinggian air di Blok Lima Pabrik Kapur, Kelambir Lima mencapai satu meter menggenangi jalan raya," ucap Ali warga setempat yang terpaksa membawa isterinya mengungsi ke Medan dengan berjalan kaki, karena sepeda motornya mogok terendam air.
Sungai lain yang melintasi Kota Medan yang meluap yakni Sungai Denai yang bermuara di Pantai Percut, sehingga mengakibatkan ratusan rumah warga di daerah itu terendam air, juga lahan pertanian warga. Namun belum dilaporkan adanya korban jiwa dalam peristiwa banjir tersebut.
Seribuan rumah penduduk yang tinggal dipinggiran Sungai Deli terutama di kawasan Kampung Sei Mati, juga terendam air yang meluap hingga ke pinggir jalan. Tim Sar bersama aparat kepolisian dilengkapi perahu-perahu karet dan mobil ambulan terlihat membantu mengevakuasi warga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar