Pengikut

Senin, 21 Maret 2011

Drainase

Drainase merupakan salah satu fasilitas dasar yang dirancang sebagai sistem guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan merupakan komponen penting dalam perencanaan kota (perencanaan infrastruktur khususnya).
Dari sudut pandang yang lain, drainase adalah salah satu unsur dari prasarana umum yang dibutuhkan masyarakat kota dalam rangka menuju kehidupan kota yang aman, nyaman, bersih, dan sehat. Prasarana drainase disini berfungsi untuk mengalirkan air permukaan ke badan air (sumber air permukaan dan bawah permkaan tanah) dan atau bangunan resapan. Selain itu juga berfungsi sebagai pengendali kebutuhan air permukaan dengan tindakan untuk memperbaiki daerah becek, genangan air dan banjir. Kegunaan dengan adanya saluran drainase ini antara lain :
  1. Mengeringkan daerah becek dan genangan air sehingga tidak ada akumulasi air tanah.
  2. Menurunkan permukaan air tanah pada tingkat yang ideal.
  3. Mengendalikan erosi tanah, kerusakan jalan dan bangunan yang ada.
  4. Mengendalikan air hujan yang berlebihan sehingga tidak terjadi bencana banjir.
Sistem penyediaan jaringan drainase terdiri dari empat macam, yaitu :
1.    Sistem Drainase Utama
Sistem drainase perkotaan yang melayani kepentingan sebagian besar warga masyarakat kota.
2.    Sistem Drainase Lokal
 Sistem drainase perkotaan yang melayani kepentingan sebagian kecil warga masyarakat kota.
3.    Sistem Drainase Terpisah
 Sistem drainase yang mempunyai jaringan saluran pembuangan terpisah untuk air permukaan atau air limpasan.
4.    Sistem Gabungan
 Sistem drainase yang mempunyai jaringan saluran pembuangan yang sama, baik untuk air genangan atau air limpasan yang telah diolah.
Sasaran penyediaan sistem drainase dan pengendalian banjir adalah :
1.   Penataan sistem jaringan drainase primer, sekunder, dan tersier melalui normalisasi maupun rehabilitasi saluran guna menciptakan lingkungan yang aman dan baik terhadap genangan, luapan sungai, banjir kiriman, maupun hujan lokal. Dari masing-masing jaringan dapat didefinisikan sebagai berikut :
  1. Jaringan Primer : saluran yang memanfaatkan sungai dan anak sungai.
  2. Jaringan Sekunder : saluran yang menghubungkan saluran tersier dengan saluran primer (dibangun dengan beton/plesteran semen).
  3. Jaringan Tersier : saluran untuk mengalirkan limbah rumah tangga ke saluran sekunder, berupa plesteran, pipa dan tanah.
2.   Memenuhi kebutuhan dasar (basic need) drainase bagi kawasan hunian dan kota.
3.   Menunjang kebutuhan pembangunan (development need) dalam menunjang terciptanya scenario pengembangan kota untuk kawasan andalan dan menunjang sektor unggulan yang berpedoman pada Rancana Umum Tata Ruang Kota.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar