Pengikut

Rabu, 23 Maret 2011

PENGELOLAAN SDA PENUNJANG PERTUMBUHAN EKONOMI



Dalam beberapa dekade terakhir ini pengelolaan sumber daya air dihadapkan pada tantangan dan isu yang kompleksitasnya semakin tinggi di masa yang akan datang. Pertumbuhan penduduk yang semakin berkembang pesat dan pembangunan ekonomi yang cepat menjadi sebuah tantangan yang besar dalam pengelolaan sumber daya air di Indonesia.
Hal tersebut diatas diungkapkan oleh Djoko Kirmanto dalam acara peringatan World Water Day 2011 dengan tema “Water for Cities and The Urban Challenge” yang diadakan di Hotel Grand Kemang, Jakarta (220311). Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal SDA Kementerian Pekerjaan Umum, LIPI, UNESCO Indonesia dan United Nations Resident Coordinator Indonesia
Sementara itu, degradasi lingkungan yang juga berkontribusi terhadap penurunan ketersediaan air baik melalui kuantitas atau kualitasnya membuat Pemerintah Indonesia mengelola sumber daya airnya dengan berbasis pengelolaan wilayah sungai terpadu. Oleh karena itu, isu air perkotaan tidak dapat dipisahkan dari isu wilayah sungai terkait. Indonesia yang telah menerapkan Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu sejak tahun 1994 dan untuk mencapai tujuan yang lebih optimal perbaikan sudah dibuat di semua aspek pengelolaan sumber daya air. Pertumbuhan penduduk perkotaan yang meningkat tajam dibandingkan dengan kemampuan kota untuk beradaptasi dengan keadaan tersebut menyebabkan penurunan tanah yang meluas dan eksploitasi yang berlebihan sehingga mempengaruhi ketersediaan sumber daya air, konversi tata guna lahan serta meningkatnya polusi yang berasal dari limbah domestik dan industri. “Untuk memperbaiki hal tersebut Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk Millenium Development Goal dengan memberi peluang kepada penduduk Indonesia untuk merasakan suplai air yang stabil untuk semua kebutuhan hidup manusia melalui pembangunan fasilitas pasokan air yang diharapkan di tahun 2015 sudah mencapai target sebesar 68,9% sehingga akses air bersih bisa tercapai,” jelas Djoko Kirmanto.
Dunia yang saat ini sudah menghadapi perubahan yang begitu cepat dari yang diramalkan seperti pertumbuhan penduduk, urbanisasi, perubahan tata guna lahan dan perubahan iklim maka pengelolaan air kedepannya harus dikelola dengan lebih baik lagi di masa yang akan datang. “Kota adalah tempat yang menarik terutama bagi pertumbuhan ekonomi yang tentu saja harus ditunjang oleh sarana dan prasarana yang baik bagi masyarakat perkotaan sehingga pengelolaan air pun menjadi prioritas demi terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari,” jelas Djoko Kirmanto.
Beliau berharap dalam peringatan Hari Air Dunia tahun 2011 ini, dunia saling bergandengan tangan untuk mendukung pengelolaan sumber daya air kita agar tercapai pembangunan yang berkelanjutan untuk kesehatan yang lebih baik dan kesejahteraan yang lebih baik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar