Pengikut

Selasa, 01 Maret 2011

AS Promosikan Pembangunan dengan Tingkat Karbon Rendah

JAKARTA – Rhett Butler, jurnalis pencipta situs berita lingkungan hidup terkenal mongabay.com, telah melakukan perjalanan keliling Indonesia baru-baru ini lewat Program Pembicara milik Departemen Luar Negeri AS. 
Butler berada di Indonesia untuk mempromosikan partisipasi masyarakat dalam pelestarian kekayaan hayati Indonesia. Program ini adalah bagian dari Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia. 
Kemitraan ini merupakan bagian penting dari kerjasama bilateral kedua negara dan menjawab berbagai tantangan global utama seperti perubahan iklim. 
Selama lawatannya ini, Butler mengunjungi taman-taman nasional dan propinsi di Lampung, Jambi, Jakarta dan Kalimantan, selain juga bertemu dengan para pejabat pemerintah dan tokoh-tokoh LSM serta menjadi pembicara di berbagai universitas di daerah-daerah tersebut. 
Dalam berbagai presentasinya, Butler menekankan tentang keanekaragaman hayati mengagumkan yang dimiliki Indonesia dan memiliki dampak yang penting bagi perekonomian daerah. Demikian dalam keterangan pers yang dikirim Kedutaan Besar AS kepada okezone di Jakarta (28/2/2011). 
Hutan-hutan di Indonesia menyimpan cadangan karbon yang berlimpah, melindungi tanah dari erosi dan banjir, serta menjadi sumber utama kehidupan banyak orang.
Manfaat-manfaat dari ekosistem Indonesia menghasilkan 21 persen dari GDP Indonesia, termasuk 75 persen dari pendapatan kaum miskin di pedesaan.
Namun seperti di bagian-bagian lain dunia, keanekaragaman hayati Indonesia terus menurun akibat praktek-praktek yang merusak kelestarian alam. Pergeseran model pembangunan yang mengikuti gaya Barat, ditambah dengan korupsi dan masalah hak milik tanah, ikut mempercepat proses penurunan ini.  
Sementara itu, kepentingan dunia atas kelestarian alam dan manajemen oleh masyarakat menunjukkan tanda-tanda semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar